Minggu, 04 Mei 2014

Batuk dan Pilek? Obatnya Murah Kok!

Hujan. Panas. Hujan lagi. Panas lagi. Trus jadinya batuk dan pilek. Eitsss... Jangan keburu pergi ke dokter. Sebenernya, batuk pilek itu bisa ditangani dengan obat-obatan alamiah. Karena, batuk dan pilek itu semacam alarm, pertanda bahwa sistem imunitas tubuh kita melemah. Makanya, aku pribadi, jarangg banget pergi ke dokter kalau sekedar batuk dan pilek. 1. Blimbing Wuluh Dari ibu, aku tau kalo emang batuk itu penyakit langgananku sejak masih balita. Dan, dulu minuman yang selalu dibuatkan ibu adalah rebusan blimbing wuluh. Kalian tau kan blimbing wuluh? Yang rasanya aseemmmm. Hihihi. Jadi, rebus blimbing wuluh beserta daun, bunga dan rantingnya. Airnya sih tiga gelas blimbing dijadikan satu gelas. Itu sih kalau direbus. Kalau di tim, airnya cukup 2 gelas aja, ditim sampe mendidih. Minumnya sama gula batu yaa biar serasa kayak minum sirup :)
2. Kencur Ada dua cara penggunaan kencur untuk mengobati batuk dan pilek, diminum atau dibalur. Untuk diminum, bersihkan kencur dan dicuci hingga bersih. Supaya khasiatnya tidak banyak terbuang percuma, bisa dikupas dengan menggunakan sendok atau lebih tepatnya dikerik. Lalu, kencur diparut dan diperas. Sarinya bisa diminum dengan atau tanpa menggunakan madu. Alternatif lain, kencur yang telah selesai dibersihkan dipanggang diatas arang/ api sebagian/ separuh. Lalu di parut, diseduh air hangat dan diminum. Kencur lebih manjur sihhh daripada jahe (menurutku). Soalnya, kalo jahe angetnya cuma sementara. Dan terasa panas di perut. Kalo kencur, panasnya ngga bisa ilang dari tenggorokan. Cara kedua, yang dibalur, kencur yang sudah diparut dicampur sama minyak kayu putih. Trus , dibalur deh ke daerah tenggorokan dan dada.
3. Kecap dan Jeruk Nipis Ini sih obat yang paling terkenal yaaa. Turun temurun dari jaman baheula. Hihii. Soalnya paling gampang dicarii. Untuk meredakan batuk yang ngiklik, bisa mencampur satu sendok kecap manis dengan beberapa tetes sari jeruk nipis. Rasanya sih kurleb (menurutku) kayak obat batuk Laser*n.
Batuk Pilek itu bukan penyakit kok (menurutku sih), cuma keadaan dimana daya tahan tubuh kita menurun. Pas bapil, usahakan makan yang banyak. Ngga sekedar banyak siiihhh, tapi juga bergizi. Seenggaknya haruslah mengandung empat sehat lima sempurna. Gampang kok, konsumsi aja sop kesehatan. Lebih bagus lagi sop ayam. Slrrrp. Konsumsi juga buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk. Kalau terasa masih ngga enak, coba minum madu yang diseduh air hangat tiap hari. Dan yang terpenting, cuci tangan pake sabun sebelum makan. Ciaooo !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar